Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris


Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris—Bagi sobat pembaca ingin bisa cepat bisa mahir dan menguasai bahasa inggris pada posting kali ini saya akan share beberapa tips Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris. Banyak orang yang merasa belajar bahasa inggris di sekolah dan ditempat kursus tidak ada hasilnya. Sudah habis waktu dan uang, namun kemampuan bahasa inggris masih jelek. Pada saat tes bahasa inggris yang diikuti, mendapat nilai-nilai yang bagus, namun ketika melakukan percakapan sehari hari dalam bahasa inggris misalnya dengan sorang Bule, kemampuan bahasa inggris terlihat, berbicara terbata-bata,tidak natural, bahkan tidak tahu apa yang harus dikatakan.

Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris dengan Mudah

Mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik pada kehidupan sehari-hari, 100% bukan karena peserta belajar yang tidak memiliki kemampuan. Sistem dan metode belajarnya lah yang berperan besar membuat kondisi ini terjadi. Sistem pembelajaran bahasa inggris yang umumnya kebanyakan dilakukan oleh sekolah-sekolah dan tempat kursus di Indonesia adalah belajar grammar dan text book, yang itu sangat tidak efektif (akan di bahasa di artikel berikutnya). Bagi yang sudah merasa frustasi karena kemampuan bahasa inggris tidak berkembang, jangan pesimis dahulu. Beberapa Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris di bawah solusi untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda:
Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris

1.Gunakan metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat Listen and Answer Mini Story
Motode belajar bahasa inggris yang umum digunakan di Indonesia adalah Mendengar dan Mengulang (Listen and repeat), siswa mengulang apa yang diucapakan guru, atau mengulang apa yang kita dengar dari kaset. Cara belajar mendengar dan menuglang tidaklah cukup karena hanya mengkopi pembicaraan. Tidak beberapa lama kita akan lupa yang akan kita dengar.

Cara belajar dengan mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) membuat harus berpikir berpikir dan harus menjawab dengan cepat. Jika melakukan cara ini secara rutin kemampuan berbicara meningkat, mampu berbicara dengan cepat, mudah dan otomatis.

Listen and Answer Mini Story adalah Rekaman cerita mini (singkat) yang diselingi banyak pertanyaan mudah,namun konstan, secara cepat. Sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan grammar. Dengan demikian melatih untuk berbicara, cepat dan otomatis. Untuk membuat Listen And Answer Mini Story yang bagus harus dengan bantuan seorang tutor orang inggris asli (Native Tutor), untuk membuat sebuah rekaman cerita mini yang diselingi banyak pertanyaan.

2. Jangan Terlalu Fokus Belajar Grammar
Setiap mengikuti pelajaran bahasa inggris, pasti banyak belajar Grammar terutama aturan Tenses. Siswa diharuskan menghapal  begitu banyak tenses. Walaupun sudah merasa hapal dan paham, kebanyakan kita akan gagap atau tebata-bata menggunakannya dalam percakapan, apalagi lawan bicara kita orang asing. Terlalu fokus belajar grammar tidak bagus karena membuat kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris tidak berkembang. Bagaimana tidak, setiap mau berbicara, kita jadi berpikir-pikir tata bahasa atau tenses seperti apa yang harus digunakan, sehingga apa yang diucapkan jadi tidak natural, terbata-bata, bahkan tidak tahu apa yang harus dikatakan.

3. Gunakan metode Listening (Mendengar)
Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris dari pakar bahasa inggris yang ketiga, Untuk paham dan memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus, tentunya kita harus banyak mendengar. Berhentilah membaca Test Book (Buku pelajaran bahasa inggris) karena materi-materi yang ada dalam buku pelajaran sebenarnya sangat jarang digunakan dalam percarakapan sehari-hari dan mulailah mendengar apapun yang disampaikan dalam bahasa inggris. Belajarlah dengan telinga bukan dengan mata.

4. Belajar Secara Mendalam
Belajarlah secara mendalam  untuk dapat bicara dengan mudah, jangan asal belajar. Tiap kata, frase, harus dipelajari secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

5.Dengarkan Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda (Point Of View Stories)  
Untuk memiliki kemampuan yang bagus. Dianjurkan untuk jangan terlalu fokus belajar grammar. Walaupun demikian kita harus tetap mampu menggunakan grammar yang benar.

Caranya Bagaimana?

Pelajarilah grammar secara natur dengan mendengar satu cerita pendek yang sama yang disampaikan dengan menggunakan waktu (tense) yang berbeda-beda, cerita ini dinamakan Point Of View Stories.

Contoh: Pertama mendengar cerita yang menggunakan Present Tense Setiap hari, Setelah setelah benar-benar paham dan melekat diingatan, mendengar cerita yang sama lagi tapi yang menggunakan Past Tense (Begitu seterusnya menggunakan tenses yang berbeda).

Cara membuat Point Of View Stories
uintuk bisa menerapkan Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa InggrisCarilah cerita/artikel pendek dalam Present Tense, kemudian mintalah tutor orang inggris asli untuk menulisnya kebali dengan waktu (tenses) yang berbeda (Ex: Past Tense, Future Tense, Perfect Tense), dan kemudian mintalah dia membaca dan merekamnya.

6.Belajarlah Bahasa Inggris yang Sebenarnya, Jangan Belajar Text Book (berdasarkan buku)
Belajar bahasa inggris yang sebenarnyalah melakukan apa yang bisa lakukan oleh orang inggris. Mendengarkan apa yang biasa mereka dengan, menonton apa yang mereka biasa tonton, membaca apa yang biasa mereka baca. Maka dari itu dengarkan hanya bahasa inggris yang sebenarnya, tv, radio, film, radio talk show, audio book, audio article berbahasa inggris.

Bagi teman yang butuh panduan belajar bahasa inggris yang lebih lengkap dan terstruktur, saya ada rekomendasi nih Kursus Bahasa Inggris Online yang bagus, Kursus Bahasa Inggris Online Cepat Bersertifikat dan Bergaransi, Metode kursus ini adalah Full Convertation tanpa Belajar Grammar. Kunjungi websitenya==> KLIK DISINI

Demikianlah Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Tips Cara Cepat Menguasai (Mahir) Bahasa Inggris"

  1. Tip dari Effortless English-nya AJ Hoge ya ... tapi webnya diarahkan ke web pak teguh Handoko, aku juga ambil kursus di 2 tempat itu, siiippp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Tips dari AJ Hoge,,Dulu saya sering download tutorial gratisan dari AJ Hoge,tp sekarang ikut kurus di pak Teguh Handoko,,,Jadi di Gabungin Deh,,he3...

      Delete
  2. Memang, menguasai bahasa inggris itu gampang2 susah... tidak ada jalan pintas untuk berhasil. Perlu banyak praktek disertai semangat yang tinggi. Ada banyak sekali referensi yang bisa digunakan untuk menunjang proses belajar bahasa inggris. Thanks for info...
    Cara belajar bahasa inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu cara menguasai bahasa inggris adalah dengan menghafal vocabulary sebanyak mungkin. sy sering pakai aplikasi android ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zayn.vocabooster sederhana dan tidak berat tapi bermanfaat.

      Delete
  3. Assalamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini, saya seorang pns yang dinas di kantor daerah,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta , saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. TAMBRIN ABDULLAH hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya.
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi K.H. TAMBRIN ABDULLAH di no 0853 9774 5894
    semua petunjuk K.H. TAMBRIN ABDULLAH saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. TAMBRIN ABDULLAH saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan kebenaran dan keasliannya, silahkan hub K.H. TAMBRIN ABDULLAH di no 0853 9774 5894 kunjungi web resmi di http://pesugihanuang.xtgem.com/

    ReplyDelete
  4. Apakah benar, menguasai tenses berarti tahu 60% bahasa inggris?

    Oh iya numpang promo yah... silahkan cek kumpulan kata-kata bahasa inggris disini :http://englishsantai.blogspot.com/2016/09/kumpulan-kata-kata-bijak-dalam-bahasa-inggris.html

    ReplyDelete
  5. Tips yang bermanfaat sekali.

    Punya IPK 3.0, lulusan S-1 & dibawah 35 tahun? Kami menjamin anda untuk memperoleh *IELTS 7.5* & mendapatkan beasiswa 100% diluar negeri. 3000+ alumni sejak 1996, kuliah di 4 benua. Untuk tes institusional IELTS gratis & info beasiswa: *0813 1663 4102*

    ReplyDelete