Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris

cara cepat meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa inggris. Keterampilan menulis dalam bahasa inggris atau writing skill adalah keterampilan berbahasa inggris yang terbentuk terakhir, menurut pendapat “Audio Lingual Mothod” dengan pendekatan “aural-oral approach” mereka mengatakan bahwa tahapan pembentukan skill adalah Listening Before Speaking-Speaking Before Readaing-Reading Before Writing.

Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris

Kemampuan menulis dalam bahasa inggris merupakan keterampilan produktif (productive skill) yang tahapannya sama serupa dengan speaking-semua kemampuan pasif anda di demonstrasikan hanya saja dalam bentuk tulisan. Tentu saja anda harus sudah berlimpah dalam hal passive vocabulary, di samping pemahaman struktur kalimat mulai dari kalimat sederhana (simple sentence), kalimat gabungan (compound sentence), kalimat kompleks (komplex sentence), kalimat kompleks gabungan (compund complex sentence).
Berikuti ini beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris :
Ada banyak sekali buku-buku tentang pembentukan kemampuan menulis atau writing skill, yang sangat di rekomendasikan adalah buku-buku serial L.G Alexander diantaranya First Thing First, Practice and Progress, Developing Skill and Fluency in English. Untuk writing bisa anda mulai dari practice and Progress. Untuk cara belajarnya sangat mudah, anggap saja anda sudah memiliki buku Practice and Progress, maka selanjutnya anda mulai dari Passage 1 (cerita 1) cara selanjutnya sebagai berikut :
1. Anda baca cerita tersebut
2. Buka kamus kosa kata baru yang belum dimengerti
3. Baca kembali dan pahami
4. Jawablah pertanyaan tertulis tanpa melihat bacaan tersebut
5. Ceritakan kembali cerita tersebut dari sisi anda sebagai penulis
6. Ceritakan kembali cerita tersebut dari sisi anda sebagai penulis
7. Ceritakan kembali cerita tersebut dari sisi anda sebagai penulis

Jika sudah selesai anda bisa lanjut pada pelajaran tentang structure, dll. Untuk setiap kata-kata baru atau struktur baru yang anda temukan , cobalah membuat contoh kalimat anda sendiri. Tentu saja semua tahapan ini anda kerjakan secara tertulis.

Bagaimana dengan Vocabulary nya?
Tidak perlu khawatir, dengan selalu membaca literatur bahasa inggris seperti yang tersebut diatas, kemampuan mengingat vocabulary otomatis akan meningkat pesat. Maka dari itu disarankan memilih bahasa untuk membaca dari novel yang sifatnya fiksi karena lebih kaya dalam permainan kata, permainan gaya, warna, dll.

Sumber Referensi : Buku Rahasia Sukses Belajar Bahasa Inggris (Teguh Handoko)

Demikianlah info mengenai Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment