Cara Berlatih Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris


Cara Berlatih Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris-Halo sobat pembaca pada posting kali ini saya akan berbagi tips cara berlatih membaca dan memahami teks bahasa inggris. Ini merupakan kelanjutan dari materi cara cepat membaca dan memahami teks bahasa inggris yang di posting beberapa waktu lalu. Materi ini saya dapat dari materi belajar bahasa inggris di tempat saya kuliah.

Cara Berlatih Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris

Banyak mengalami masalah dalam membaca dan memahami teks bahasa inggris. Kunci utama untuk mengatasinya hanya 1 satu yaitu teruslah berlatih. Mungkin sobat pembaca bertanya, bagaimana cara berlatih yang bagus. Ya, berikut ini cara berlatih membaca dan memahami teks bahasa inggris yang bisa di coba :
Cara Berlatih Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris

1. Atur Waktu Membaca Setiap Hari
Mengatur waktu untuk membaca setiap hari, secara teratur akan bisa meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks bahasa inggris. Misalnya menyediakan waktu minimal  15 menit untuk membaca sebelum tidur, jika tidak bisa mendisiplinkan membaca di waktu tertentu (misalnya sebelum tidur), kita bisa membuat aturan minimal 15 menit membaca itu bisa dilakukan kapan saja dalam 1 hari itu, mungkin saat waktu senggang setelah bekerja, menunggu masuk kelas, atau menunggu bus. 

2. Gunakan Buku/Bacaan Umum yang Menarik
Agar bisa sedang dan tidak tebebani dalam berlatih gunakanlah buku bacaan yang umum dan menarik contohnya buku cerit atau novel. Kalau buku yang digunakan saat belajar sudah buku yang sulit dipahamil seperti buku-buku materi kuliah, pasti membuat malas berlatih yaa.

3. Cek Kecepatan Membaca
Jika ingin memiliki kemampuan membaca bahasa inggris dengan cepat, haruslah mencek kecepatan membaca, jika tidak akan tahu apa kecepatan membaca kita sudah bagus atau adakah peningkatan setelah berlatih. Cara yang bisa di ketika membaca setiap 5-10 menit berhenti untuk menghitung berapa halaman buku yang sudah dibaca. Atur saja alarm Jam di rumah atau di Hp untuk waktu tersebut. Kecepatan membaca di hitung dalam Berapa Banyak Kata/Menit membaca.

4. Cek Pemahaman dalam Membaca
Memiliki kemampuan membaca cepat akan tidak ada artinya jika tidak memahami apa yang kita baca. Jika ingin berlatih memahami teks bahasa inggris sekaligus berlatih ekcepatan membaca, ketika membaca berhentilah setiap Bab (Jika membaca novel) atau setiap bagian, atau setiap kelompok 10 atau 12 halaman (jika berbentuk teks), kemudian tanyalah diri kita dengan beberapa pertanyaan mengenai apa yang telah kit abaca. Jika tidak mengetahui/lupa urutan cerita, dan tidak bisa mengingat dengan jelas  apa yang sudah di baca, kembali ulang membaca bab atau bagian yang dibaca tadi

Cara Berlatih Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris Bagus untuk Dicoba...

5. Berlatihlah Membaca Secepat Kilat
Membaca secepat kita? Bagaimana cara nya?
Cara membaca secepat kilat, sediakan 4 atau 5 halaman buku umum yang menarik, kemudian bacalah secepat yang kamu bisa, tidak perlu memikirkan apakah sudah mengerti isi bacaannya atau tidak. Setelah selesai kembali lah membaca kecepatan normal yang kamu rasakan, kecepatan dimana kamu bisa memahami isi teks bacaan. Jika berlatih membaca secepat kilat ini, kecepatan membaca bisa meningkat 50-100 kata/menit. Teknik ini biasa digunakan atlet lari, mereka saat pelatihan mereka berlatih berlari lebih cepat dari yang seharusnya mereka lakukan pada saat perlombaan

6. Jangan Menggunakan Kamus Saat Membaca
Ketika membaca jangan diselingi melihat kamus, untuk mengetahui arti kata sulit yang ditemukan saat membaca, karena tidak efektif. Jika tujuan kita membaca untuk memahami atau mengerti isi bacaan tidak perlu mengetahui arti kata satu persatu, untuk mengetahui arti kata kita bisa melihat dari konteks kalimat/kalimat keseluruhan. Jika masih ingin tahu arti kata tersebut,tulislah dalam satu kertas dan cari artinya menggunakan kamus setelah selesai membaca.

7. Perhatikan Struktur Paragraf
Untuk bisa cepat memahai inti bacaan yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan atau memmahami ide utama dari tiap-tiap paragraph dalam bacaan, umumnya terletak pada kalimat awal, ada di kalimat akhir dan kadang-kadang ada ditengah (menceritakan perbandingan), biasanya kalimat ide utama ini . Dengan membaca ide utama bisa mendapat gambaran isi paragraf tersebut, jika tidak ada kalimat seperti itu di awal cari di akhir, kalau paragraf membandingkan 2 hal coba cari di tengah paragraf.

Dengan menggabungkan ide-ide utama dari setiap paragraf kita dapat menyimpulkan isi bacaan tersebut. Perlu diingan kalimat pembuka dan penutup dari suatu paragraf bacaan sangat penting, kalimat pembuka memberikan gambaran umum arah dan isi dari paragraf, sedang kalimat penutup sering berisi kesimpulan yang penting.

Ok,,Sobat demikian cara-cara yang bisa dilakukan dalam Berlatih Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris semoga bermanfaat.

(Sumber: Practical Faster Reading)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Berlatih Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris"

Post a Comment