Tips Cara Mudah Memahami Isi Buku Berbahasa Inggris Non Fiksi


Bagi yang sudah menempuh pendidikan di universitas pasti sering harus membaca buku yang berbahasa inggris. Banyak yang menemukan kendala ketika harus membaca buku kuliah atau pelajaran berbahasa inggris karena sulit memahami dan mendapatkan informasi penting dari buku yang dibaca. Kadang-kadang menjadi hanya membuang waktu saja, karena tidak mengerti.

Orang yang sudah menempuh pendidikan di universitas, tentu sudah pernah belajar bahasa inggris minimal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), kalau dihitung minilah sudah 6 tahun belajar bahasa inggris, walaupun tidak intensif setiap hari. Tapi tetaplah bisa di katakan, bahwa orang yang sudah mewati pendidikan SMA basic keterampilan bahasa inggris termasuk keterampilan membaca teks bahasa inggris, hanya saja karena jarang mempraktekkan.

Jadi ngalor ngidu ya, ok langsung masuk pada ini utama dari artikel ini Cara Membaca dan Memahami Buku Berbahasa Inggris Non Fiksi, berikut inilah beberapa caranya yang bisa di coba :
1. Periksa Cover buku bagian depan dan belakang. Pelajari judul, ilustrasi, uraian singkat isi buku, komentar tentang isi buku, tujuan dari buku di akhir jika ada.
2. Catat nama penulis, informasi biografi (seperti apa qualifikasinya)
3. Periksa nama penerbit dan waktu keluar hak cipta/waktu terbit (Waktu sangat penting di berbagai area studi, Buku jika tidak pernah di revisi bisa jadi sudah ketinggalan zaman.
4. Baca pendahuluan, kata pengantar. Mencek informasi-informasi seperti ini dengan cepat dapat menjadi tanda yang bagus mengenai apa di set penulis untuk dilakukan dalam buku.
5. Baca dengan teliti daftar isi buku karena daftar isi merupakan kerangka isi buku, menjadi tanda pendekatan dari penulis dan perlakuan umum dari materi, jumlah, halaman panjang dan strukstur. Juga index, bibliografi, dan glossarium.
6. Lihat gambar-gambar yang ada di dalam buku, catat jika ada rancangan, gambar, grafik, dll.
7. Jika ada kesimpulan secara menyeluruh, baca dengan teliti

Dari langkah-langkah diatas, kita dapat mengevaluasi buku sesuai dengan tujuan kita membaca buku, juga bisa memahami isi buku secara umum, juga akan memberi kemudahan untuk mendapat informasi yang lebih detail dari buku.

Di awal mungkin terlihat membutuhkan waktu lama dan usaha yang lebih, namun jika rajin mempraktekkannya dan karena pengalaman nantinya hanya akan membutuhkan beberapa menit dari total waktu yang digunakan untuk membaca buku.


Semoga beberapa Cara Mudah Memahami Isi Buku Berbahasa Inggris Non Fiksi diatas bisa membantu sobat pembaca ketika membaca suatu buku non fiksi berbahasa inggris.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Cara Mudah Memahami Isi Buku Berbahasa Inggris Non Fiksi"