Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah


Belajar Bahasa Inggris Online-Di bangku sekolah terutama mulai dari Sekolah menengah pertama sampai Sekolah menengah atas, sekarang bahkan sudah mulai dari sekolah dasar, bahasa inggris menjadi pelajaran wajib.

Bagaimankah efektifitas pelajaran bahasa inggris di sekolah?
Efektifitas belajar bahasa inggris disekolah, bisa kita nilai kemampuan bahasa inggris lulusananya, lulusan SMA saja yang minimal sudah terjamah bahasa inggris selama 6 tahun (jika mulai mendapatkan pelajaran bahasa inggris dari SMA), apakah banyak lulusannya yang bisa mempraktekkan bahasa inggris setelah lulus. Faktanya tidak, hanya segelintir yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus, dapat di hitung dari setiap lulusan sekolah tersebut.  (Baca juga : Contoh Soal Tenses)

Apakah yang salah dengan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah?
Menganalisa pengajaran bahasa inggris disekolah, di ketahui salah satu penyebabnya adalah Kurikulum bahasa Inggris di sekolah. Dimana bahasa inggris  diajarkan seperti pelajaran ilmu pengetahuan lainnya seperti pelajaran biologi. Mereka mengira apabila kita belajar dengan cara belajar sama dengan pelajaran lainnya, kita bisa menguasai bahasa Inggris. Dengan hanya membaca dan menghapal, ujiannya dalam bentuk soal tertulis, kalaupun ada praktek praktek kaku dimana siswa juga menghapal kata-kata yang ingin di praktekkan. Selesai ujian selesai sudahlah kemampuan bahasa inggrisnya.

Sekolah benar-benar salah besar dalam mengajari kita bahasa Inggris! Dengan kurikulum yang menggunakan metode belajar seperti itu sangat tidak efekti dan lambat. Tujuan belajar bahasa Inggris di sekolah adalah untuk menjawab soal-soal ujian. Betapa memalukannya pendidikan kita ini!

PELAJARAN BAHASA INGGRIS ADALAH KETERAMPILAN, BUKAN ILMU PENGETAHUAN
Perlu diluruskan lagi anggapan yang salah mengenai bahasa inggris bahwa bahasa inggris adalah pengetahuan. Pelajaran bahasa Inggris bukanlah pelajaran ilmu pengetahuan, melainkan pelajaran keterampilan. Mengapa? Karena bahasa adalah alat. Jadi, kita harus mahir atau terampil untuk menggunakan alat itu, tidak hanya tahu. Harus bisa mempraktekkannya spontan tanpa harus bepikir-pikir atau mengingat.  

Dengan demikian, kita harus serius mepelajari keterampilan yang satu ini. “Language is a means of communication” bahasa adalah alat komunikasi. 

Coba anda rasakan benar-benar kalimat tersebut. Lupakan semua pemahaman tentang bahasa yang telah anda miliki selama ini. Ya, bahasa hanyalah alat komunikasi. Kenapa bahasa itu diperlukan sebagai alat? apakah benar bahwa tanpa alat tersebut (bahasa) manusia tidak bisa berkomunikasi? Dalam pergaulan sehari-hari manusia yang pada hakikatnya adalah makhluk sosial saling berkomunikasi yang intinya yaitu untuk menyampaikan Pikiran (thought), Perasaan (feeling) dan Kebutuhan (needs).
Haruskah Jadi Orang Cerdas untuk Menguasai Bahasa Inggris?

Tapi saya harus cerdas dong? Halah, kalau untuk bisa bahasa Inggris harus cerdas, bagaimana mungkin orang gila di London bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Pakai celana saja terbalik, boro-boro cerdas, apalagi mempelajari pelajaran bahasa Inggris di sekolah

Cara orang berkomunikasi melalui beberapa media yaitu bicara (speaking), ada yang bicara tentu ada yang mendengar (listening), setelah ditemukannya tulisan maka orang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulisan (writing), dan tentu saja ada yang membaca (reading). inilah yang disebut dengan 4 keterampilan bahasa.

Bagaimana dengan belajar grammar?
Grammar memang penting dalam bahasa inggris, dengan grammar kita bisa menyusun kalimat. Tetapi menguasai sebegitu banyak aturan grammar itu bukan tujuan orang belajar pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu sangatlah meleset jika anda belajar pelajaran bahasa Inggris dengan tujuan grammar. Biasanya kita belajar bahasa inggris dengan menghapal rumus-rumus grammar ini dan itu, malah bikin pusing. Dengan mengetahui beberapa aturan dasar grammar, saja sudah bisa menerapkan bahasa inggris. Bahkan ada juga yang tanpa belajar grammar bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris, hanya dengan merangkai kata-kata saja sudah bisa. Dalam berkomunikasi, Asal orang sudah tahu apa yang kita maksutkan, dan kita tahu apa yang orang maksud, itu sudah cukup. Tanpa harus terikat banyak aturan yang membuat semakin sulit. 

Jadi, sangatlah jelas bahwa bahasa Inggris adalah seperangkat keterampilan yang harus dipelajari dengan cara yang berbeda dengan mempelajari ilmu pengetahuan. Cara belajar bahasa inggris, adalah praktek....praktek....praktek,,,bukan hanya membaca dan menghapal..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah"

Post a Comment