Cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris

Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris-Belajar Bahasa Inggris Online-Bagi berada di lingkungan frofesional dibidang pendidikan atau instansi atau perusahaan , mungkin sering harus membuat email dalam bahasa inggris untuk klien, atasan atau dosen. 

Cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris

Email sering terlihat kurang formal dibandingkan surat  tercetak, dalam dunia bisnis. Namun tidak usah khawatir, jika anda merasa lebih cepat dan lebih  efisien. Yang perlu anda lakukan adalah berusaha untuk cara membuat email yang profesiolan. Berikut ini beberapa  rahasia sederhana yang akan menambah profesionalisme  Anda dalam mengirim email dalam bahasa Inggris.

 Berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan dalam membuat email profesional dalam bahasa inggris :
1. Memulai dengan kata sapa/salam
Pertama yang harus dilakukan dalam, Cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris adalah memulai dengan Sapaan/salam. Hal ini sangatlah penting, kata yang bisa digunakan seperti . Tergantung  formalitas hubungan Anda, mungkin sebaiknya menggunakan nama belakang mereka, seperti misalnya 

"Dear Mrs. Price,". Jika hubungan Anda lebih santai, maka cukup katakan, "Hi Kelly," Jika Anda menghubungi sebuah perusahaan, dan bukannya perorangan, maka tulis "To Whom It May Concern:"

2. Berterima kasihlah kepada si penerima
Langka kedua Cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris, Jika Anda menjawab permintaan klien, Anda harus memulai dengan ucapan terima kasih. Contohnya, jika seseorang bertanya tentang perusahaan Anda, Anda bisa katakan, "Thank you for contacting ABC Company." Jika seseorang membalas email Anda, pastikan untuk berkata, "Thank you  for your prompt reply." atau "Thanks for getting back to me." 

3. Sebutkan maksud Anda
Namun, jika Anda yang memulai komunikasi dengan email tersebut, tidak perlu untuk mengucapkan terima kasih. Melainkan, mulai dengan menyatakan maksud Anda itulah yang termasuk dalam cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris. 

Contohnya, "I am writing to enquire about …" atau "I am writing in reference to …" Sangat penting untuk menyatakan tujuan Anda sejelas mungkin di awal email, lalu masuk ke paragraf utama dari email tersebut. Ingatlah untuk memperhatikan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan hindari kalimat yang bebelit-belit dengan membuatnya singkat dan jelas.

4. Kalimat penutup
Langka terakhir dalam Cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris adalah membuat kalimat penutup. Sebelum akhir email Anda, sangat sopan untuk berterima kasih sekali lagi dan juga menambahkan kalimat penutup. Anda mungkin bisa mulai dengan "Thank you for your patience and cooperation." atau "Thank you for your consideration." dan ikuti dengan, "If you have any questions or concerns, don't hesitate to let me know." dan "I look forward to hearing from you."

Akhiri dengan kalimat penutup Langkah terakhir adalah menutup dengan menyebutkan nama Anda. "Best regards," "Sincerely," dan "Thank you," semuanya terdengar profesional. 

Dalam membuat email profesional dalam bahasa ingggris perlu dihindari penggunaan kata-kata seperti kata-kata seperti "Best wishes," atau "Cheers," karena itu biasa digunakan untuk email yang bersifat pribadi. Terakhir, sebelum Anda tekan tombol kirim, periksa kembali email Anda untuk memastikan semuanya sudah sempurna.

Demikianlah beberapa langkah untuk Cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris, semoga bisa membantu anda dalam membuat email dalam bahasa inggris yang lebih formal untuk berbagai keperluan anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Email Formal dalam Bahasa Inggris"

  1. Thank you for information,i like to add my knowledge

    Kind Regards

    ReplyDelete