Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Cepat dan Mudah

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula-Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang paling populer dan terkenal di dunia. Bahasa ini merupakan bagian dari bahasa internasional yang digunakan oleh banyak penutur di dunia baik di kawasan Eropa, Amerika, Australia, Afrika, dan Asia. Sehingga banyak yang memperlajari bahasa ini. Sebagai bahasa pergaulan internasional, bahasa Inggris mulai dipelajari sejak sekolah dasar, menengah, hingga di perguruan tinggi. Begitu pentingnya bahasa ini, kemudian mendorong munculnya berbagai lembaga pendidikan maupun lembaga kursus bahasa Inggris.

Bagi sebagian orang bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa yang cukup rumit untuk dipelajari. Padahal sebenarnya bahasa ini bisa dipelajari dengan mudah. Tapi bagi pemula, bahasa Inggris memang dianggap susah. Namun ada banyak cara yang bisa dicoba seperti mempelajari materi belajar bahasa inggris untuk pemula, atau mencoba metode belajar bahasa inggris otodidak, jika hasilnya masih belum maksimal ini karena mungkin anda masih butuh bimbingan dari pengajar.

Kiat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Cepat dan Mudah


Nah, Untuk mengatasi permasalah ini belajar bahasa Inggris untuk pemula membutuhkan kiat tertentu agar bisa dicerna dengan baik. Seperti apakah kiat atau tips belajar bahasa Inggris bagi pemula? Yuk simak sama-sama uraian berikut ini.

1.   Pelajari Dulu Kosa Kata (Vocabulary)
Syarat utama yang dibutuhkan dalam belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah mempelajari kosa kata atau vocabulary. Kosa kata merupakan kumpulan kata yang ada dalam bahasa Inggris. Inilah modal awal dalam belajar baik itu grammar (tata bahasa), speaking (berbicara), writing (menulis), dan listening (mendengar).

Tanpa kosa kata akan sulit belajar bahasa Inggris apalagi untuk pemula. Ada banyak jenis kosa kata dalam bahasa Inggris yaitu kata benda, kata sifat, kata kerja, kata ganti, kata depan, kata keterangan, kata sambung, dan kata seru.

Dalam mempelajari kosa kata seorang pemula tidak dituntut mempelajari semua jenis kata yang jumlahnya miliaran. Tapi pelajari dan kuasai kata dalam jumlah sekedarnya saja untuk mendukung proses belaja berikutnya, misalnya kata yang muncul dalam keseharian.

Pelajari Grammar sebagai Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula


2.   Pelajari Tata Bahasa (Grammar)
Setelah belajar kosa kata langkah selanjutnya dalam belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah mempelajari tata bahasa atau struktur bahasa (grammar). Bahasa apa pun jenisnya memiliki tata dan struktur tertentu yang membentuknya, sehingga menjadi sebuah frase, klausa, kalimat, dan bahasa.

Dalam bahasa Inggris tata bahasa berhubungan dengan banyak hal seperti bagian kata, tenses, pertanyaan, dan lain-lain. Sama seperti kata, bagi pemula pelajarilah grammar yang dasar. Jangan terlalu tenggelam dalam grammar. Imbangi dengan pelajaran bahasa Inggris yang lain.

Praktekkan Berbicara sebagai cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

3.   Praktekkan dengan Berbicara (Speaking)
Belajar bahasa Inggris untuk pemula juga membutuhkan praktek secara langsung yaitu dengan speaking atau latihan berbicara. Kosa kata yang dikuasai dan kemampuan merangkai kata menjadi kalimat melalui grammar bisa dipraktekkan dengan speaking.
Speaking akan mendorong seorang pemula bagaimana berbicara secara langsung. Rekan atau pengajar bisa diajak untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Orang asing atau turis dari luar yang sering berkunjung ke Indonesia bisa menjadi partner mempraktekkan bahasa Inggris.

Speaking menjadi bagian penting agar bisa menguasai bahasa Inggris. Jika jarang dipraktekkan dengan berbicara maka sulit menjadi ahli dalam bahasa Inggris. Karena salah satu inti dari bahasa Inggris adalah berbicara atau speaking.

4.   Latihan Mendengar (Listening)
Di samping speaking, latihan mendengar atau listening juga tak boleh diabaikan. Mendengar orang berbicara bahasa Inggris akan membuat seorang pemula peka dan terbiasa dengan kata atau kalimat yang diucapkan. Latihan listening bisa dari radio, lagu atau tv yang berbahasa Inggris.


Keempat langkah di atas harus berjalan seimbang. Upayakan disiplin dan latihan terus-menerus. Itulah kiat mudah dalam belajar bahasa Inggris untuk pemula. Bila anda butu panduan belajar anda bisa mendapatkan di buku panduan belajar bahasa inggris untuk pemula. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Cepat dan Mudah"

Post a Comment